Langsung ke konten utama
Online Shop

Sebuah nama yang sudah tidak asing lagi para warga sosialita di berbagai sosial media di seluruh dunia. Apa sih Online Shop itu?  Secara bahasa online shop itu adalah toko yang melakukan transaksi jual belinya melalui internet. Baik melalui komputer atau handphone. Banyak online shop yang dalam dunia nyatanya tidak mempunyai toko dia hanya mempunya gambar-gambar produk sebagai modal jualannya.
Kebanyakan onlineshop menjual barang-barang dengan foto-foto yang menarik, cantik dan indah dipandang mata. Itu salah satu kelebihan onlineshop untuk menggaet ribuan calon konsumen di seluruh dunia. Banyak orang yang tadinya tidak pernah jualan setelah menjamurnya onlineshop jadi ikutan jualan terutama menjelang bulan Ramadhan. Bagus sih jadi membangun perekonomian rakyat walaupun transaksinya tidak secara nyata, tapi barangnya nyata looh yang dijual. Kecuali onlineshop yang niatnya mau tepu-tepu.
Jika anda ingin terjun ke dunia onlineshop khususnya sebagai pedagang baiknya anda belajar dulu bagaimana cara berjualan didunia maya. Sebetulnya tidak jauh beda berjualan secara online maupun offline
Sebetulnya tips cara berjualan online sudah sangat banyak yang membahasnya, yg ingin saya bahas disini adalah pelayanan pedagang terhadap konsumen. Banyak onlineshop yang semena-mena terhadap konsumen dan calon konsumen. Sementara onlineshopnya pun sering mengeluh menghadapi berbagai macam karakter konumen. Saya sering membaca status-status para pedagang itu dengan kalimat seperti ini “Online Shop juga manusia”. Ya memang betul anda para pedagang itu manusia siapa yang bilang hantu? Naaah dari seringnya para pedagang online berkeluh kesah menghadapi konsumen itu menandakan bahwa untuk berjualan di dunia maya sangat dibutuhkan kesiapan mental dan fisik yang prima pula. Bukan hal yang mudah melayani satu persatu para konsumen yang rata-rata semuanya ingin fast respon dari para onlineshop. Menjawab pertanyaan para konsumen membutuhkan kesabaran tingkat tinggi dan waktu yang banyak. Makanya dibutuhkan fisik yang prima, jika kita sakit apa bisa melayani konsumen dengan baik dan full smile? walaupun para konsumen itu tidak terlihat secara nyata.
      Bahasa tulisan juga sangat jelas looh bisa terlihat apakah kita melayani para konsumen dengan full senyum atau tidak. Ada 1 onlineshop yang sangaaaat suka. Dia salah satu agen busana muslim di Bandung, dalam hal pelayanan...luaarrr biasa saya betul-betul suka banget. Sangat ramah, CSnya banyak, fast respon, produknya unik tidak pasaran harganya cukup murah dan yang tidak saya duga sebelumnya adalah pelyanan purna jual. Saya baru  menemukan online shop seperti itu, betul-betul langka dan patut ditiru. Seperti apa layanan purna jualnya yang membuat saya begitu terkesan? Mereka menghubungi para konsumen via sms menanyakan apakah paket kiriman sudah diterima? Diperjelas pula paket tersebut dikirim tanggal berapa dan pesanan saya tanggal berapa, tidak hanya itu mereka juga menanyakan apakah saya puas dengan pelayanan para CS online shop tersebut dan minta saran-saran untuk perbaikan selanjutnya baik dari segi pelayanan maupun produk-produknya.
      Para CSnya jika menyapa kami para konsumen selalu menggunakan emoticon smile, memperlihatkan bahwa pelayanan mereka begitu full smile, jika ada kesalahan pengiriman atau barang yang tidak sesuai, mereka tidak segan-segan menawarka untuk menukar barang dan sebagai kompensasinya memberikan sedikit bonus sebagai obat penawar kecewa. Satu hal lagi yang paling saya suka dari Online shop tersebut mereka tidak pernah kirim BC yang menyebalkan dan mengganggu walaupun mereka mengeluarkan produk-produk baru. Bagaimana bisa mereka promosi produk barunya tanpa BC? Yaa bisalah...mereka langsung menyapa konsumennya satu persatu tidak lupa diawali dengan kalimat “Kami punya produk baru apakah kami mengganggu jika kami ingin mengirimkan gambar-gambarnya?” Atau sering juga mereka menyapa kami dengan kalimat seperti ini “assalamulaikum kakak apakah sedang sibuk? Kami punya produk baru, boleh tidak kami mengirimkan gambar produk-produk baru kami?”
      Jika kita tidak menjawab sapaan mereka, mereka tidak berani mengirimkan gambar-gambarnya. Mereka sangat menghargai kesibukan para konsumennya.
      Haduuhh maaf ya pemirsah lagi enak-enak cerita ada sesuatu nih yang membuat saya harus mengakhiri cerita ini...to be continue yaaa...jangan kemana-mana loooh, tunggu episode berikutnya J

                                                                          

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerdas Menggunakan Media Sosial

       Lima belas tahun terakhir, perkembangan media sosial di dunia berkembang amat pesat, termasuk Indonesia. Komunikasi semakin mudah, tak kenal jarak dan waktu. Kapan pun dan di mana pun selagi kuota internet terisi, maka kita akan dengan mudah mengakses segala macam informasi dari belahan bumi manapun.         Positifnya, masyarakat kita jadi sangat melek teknologi, dampak buruknya tentu saja banyak. Salah satunya, jika kita tidak bisa mengendalikan diri, maka akan kecanduan gawai yang isinya berbagai macam aplikasi media sosiai. Berbagai aplikasi itu memang sangat menarik, sehingga bisa menyita waktu dan membuat kita tidak produktif, karena menghabiskan waktu berjam-jam menatap gawai menikmati berbagai sajian media sosial.         Tidak bisa dipungkiri, sebagain besar masyarakat kita sudah kecanduan gawai dan sulit lepas dari alat canggih segenggaman tangan itu. Agar kita tetap waras dan produktif dalam bersosmed maka, kita harus berupaya semaksimal mungkin mengendalikan diri

Wiskul Asyik di Bogor

Siapa yang belum kenal Bogor? Atau belum pernah ke Bogor? Sebuah kota yang terletak di propinsi Jawa Barat. Yuk, datang deh ke kota kelahiran saya tercinta. Kenalan dan nikmati berbagai wisata di kota hujan ini, salah satunya wisata kuliner dong pastinya. Ada yang bilang bahwa Bogor sekarang adalah miniaturnya Bandung, banyak tempat wisata yang asyik dan makanannya pun endang bhambang, Nek … alias enak-enak bingiiit … hehe. Bicara makanan, pastinya setiap kita mengunjungi satu tempat yang sering dicari adalah makanan khas daerah setempat. Jika, belum mencicipi makanan khasnya rasanya belum afdol ya. Indonesia memang kaya dengan aneka jenis makanan khas daerah, baik yang tradisional maupun modern. Belum lagi street food tiap kota selalu menarik untuk dicicipi. Baiklah, sekarang kita jalan-jalan di Bogor, yuk. Kita cicipin makanan apa saja yang menjadi daya tarik wisata kuliner di kota hujan itu. 1.        Doclang Salah satu makanan khas yang selalu diburu warga Buitenzorg seti

Pentingnya Digital Branding

Teknologi internet dari hari ke hari makin canggih, semua serba digital. Dulu, kita mengenal kata digital pada jam dan kamera digital. tetapi, saat ini hampir segala aspek kehidupan tidak luput dari sentuhan teknologi digital. Rasanya sayang sekali jika era digital ini tidak kita manfaatkan sebaik-baiknya. Sebagai media komunikasi canggih internet dilengkapi dengan berbagai aplikasi sosial media untuk membantu kita lebih mudah menggunakannya. Kemudahan tersebut tentu saja sangat menguntungkan bagi pebisnis, atau yang ingin memulai bisnis. Namun, membangun bisnis melalui internet tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu ilmu dan keberanian untuk menjelajahinya. Sumber gambar: Unsplash.com Saat ini kita sering mendengar kata digital marketing dalam bisnis online. Nah, apakah digital marketing itu sama dengan digital branding? Tentu saja berbeda. Bedanya dimana? Ini loh Guys bedanya: Digital branding adalah upaya kita membangun brand secara online seperti menggunakan website