Langsung ke konten utama

Workshop Perdana KMO Indonesia

Alhamdulillah untuk pertama kalinya KMO (Kelas Menulis Online) yang digawangi oleh Coach Tendi Murti setelah hampir 1,5 tahun berdiri mengadakan workshop kepenulisan untuk umum. Acara kali ini diadakan hri Minggu 27 Maret 2016 di kampus bisnis Umar Usman Warung Buncit Jakarta Selatan. Peserta yang hadir melebihi yang ditargetkan, kurang lebih 40 orang mengikuti acara ini. 50% peserta yang hadir adalah para muslimah dari komunitas Muslimah Millionare sedangkan sisanya berasal dari anggota KMO dan masyarakat umum.

Acara demi acara berjalan lancar dan tentu saja menarik. Diawali pembukaan yang segar oleh founder KMO coach Tendi Murti lalu dilanjutkan dengan sharing-sharing sejarah KMO oleh Tim Inti KMO Indonesia yaitu oleh saya sendiri Rina Maruti Widiasari selaku Tim KMO Divisi Academy dan Ernawati Lilys tim KMO dari Divisi Media.

Pembukaan yang cukup hangat dan akrab membuat suasana workshop makin menyenangkan dan para peserta sangat antusias untuk mengikuti acara ini hingga akhir. Sessi pertama diisi oleh pemateri Indra Permana seorang penulis muda yang bukunya best seller Resign Yang Sukses. Materi yang diberikan oleh Mas Indra Permana sangat menarik yaitu menggali ide dalam menulis, premis dan marekting buku. Mantep kaan materinya? Para peserta dilatih untuk membuat premis yang baik dan menarik, 3 premis yang paling bagus mendapat hadiah dari sang penulis. Woowww...aasyiik deh.

Sessi kedua materi diberikan oleh Founder KMO yaitu Tendi Murti seorang penulis buku yang sudah menerbitkan lebih dari 15 buah buku. Sessi ini membahas bagaimana menulis dengan mudah dengan tips-tips yang menarik tentunya. Pertanyaan-pertanyaan yang seru pun langsung terlontar dari para peserta saat sessi tanya jawab dibuka. Semua peserta bersemangat dalam mengikuti acara ini karena banyak ilmu dan semangat baru yang mereka dapatkan dalam dunia kepenulisan.

Sessi terakhir diisi oleh seorang editor dari penerbit GIP (Gema Insani Press) yang merupakan salah satu tim inti KMO juga Divisi Publishing, yaitu Shabira Ika. Teh Ika memberikan trik-trik jitu bagaimana agar naskah buku kita bisa sukses diterima penerbit.

Sungguh hari yang penuh dengan pengalaman yang menarik saat itu, ilmu yang didapat sangat jarang bisa didapatkan, rugi deeh yang gak ikutan hehe...beneran looh sueerr. Selain ilmu tentu kita juga banyak mendapatkan teman-teman baru yang mengasyikkan.

Selain di Jakarta KMO juga akan mengadakan workshop yang sama di beberapa kota lain yaitu Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Senangnya acara perdana berjalan sukses dan lancar.

www.KmoIndonesia.com
www.ernawatililys.com

Tim KMO narsis dulu sesaat sebelum acara dimulai
KMO Divisi Academy sharing Sejarah KMO


Coach Indra Permana mengisi materi sessi I
KMO Divisi Media sedang sharing kegiatan yang sudah dilakukan KMO Media


Peserta memejamkan mata berikrar dalam hati siap menjadi penulis yang baik dan memberikan manfaat untuk orang banyak
Berikrar dengan hati yang tulus
Coach Tendi sedang membakar semangat peserta workshop untuk menjadi penulis

3 peserta yang terpilih Premis terbaik dapat hadiah buku dari Coach Indra Permana

Games seru menyegarkan suasana

Salah satu peserta memberikan kesan-kesan selama menjadi keluarga KMO Indonesia
Coach Tendi Murti memberikan materi tips menulis buku yang asyik dan mudah
Para peserta serius menyimak materi workshop





Sebagian kecil peserta setelah acara selesai
Tim KMO Indonesia narsis lagi sebelum pulang, sayangnya formasi kurang 1 orang.








Komentar

  1. Salam kenal Mbak rina. Ijin ninggalin jejak disini yaaaa :D
    WWah kelas menulis onlen tapi workshopnya offline ya? Keren. Sukses yaaa! :D

    keluargahamsa(dot)com

    BalasHapus
  2. Halloo...mba aprilia, kelas rutinnya tetap online mba, itu hanya salah satu acara offline kita hehe

    BalasHapus
  3. Teh rina, emang yg tidak ikut siapa ? Kok tim kmo kurang 1 orang? itu yg disamping teh erna bukannya bu indarani yg dr pe**b*it.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu teh Ika dari penerbit, tim inti KMO juga, satu lagi waktu itu Zulfakar dari divisi marketing, sekarang zulfakar udah diganti sama kang Ade alumni KMO Batch 2

      Hapus
    2. itu teh Ika dari penerbit, tim inti KMO juga, satu lagi waktu itu Zulfakar dari divisi marketing, sekarang zulfakar udah diganti sama kang Ade alumni KMO Batch 2

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerdas Menggunakan Media Sosial

       Lima belas tahun terakhir, perkembangan media sosial di dunia berkembang amat pesat, termasuk Indonesia. Komunikasi semakin mudah, tak kenal jarak dan waktu. Kapan pun dan di mana pun selagi kuota internet terisi, maka kita akan dengan mudah mengakses segala macam informasi dari belahan bumi manapun.         Positifnya, masyarakat kita jadi sangat melek teknologi, dampak buruknya tentu saja banyak. Salah satunya, jika kita tidak bisa mengendalikan diri, maka akan kecanduan gawai yang isinya berbagai macam aplikasi media sosiai. Berbagai aplikasi itu memang sangat menarik, sehingga bisa menyita waktu dan membuat kita tidak produktif, karena menghabiskan waktu berjam-jam menatap gawai menikmati berbagai sajian media sosial.         Tidak bisa dipungkiri, sebagain besar masyarakat kita sudah kecanduan gawai dan sulit lepas dari alat canggih segenggaman tangan itu. Agar kita tetap waras dan produktif dalam bersosmed maka, kita harus berupaya semaksimal mungkin mengendalikan diri

Wiskul Asyik di Bogor

Siapa yang belum kenal Bogor? Atau belum pernah ke Bogor? Sebuah kota yang terletak di propinsi Jawa Barat. Yuk, datang deh ke kota kelahiran saya tercinta. Kenalan dan nikmati berbagai wisata di kota hujan ini, salah satunya wisata kuliner dong pastinya. Ada yang bilang bahwa Bogor sekarang adalah miniaturnya Bandung, banyak tempat wisata yang asyik dan makanannya pun endang bhambang, Nek … alias enak-enak bingiiit … hehe. Bicara makanan, pastinya setiap kita mengunjungi satu tempat yang sering dicari adalah makanan khas daerah setempat. Jika, belum mencicipi makanan khasnya rasanya belum afdol ya. Indonesia memang kaya dengan aneka jenis makanan khas daerah, baik yang tradisional maupun modern. Belum lagi street food tiap kota selalu menarik untuk dicicipi. Baiklah, sekarang kita jalan-jalan di Bogor, yuk. Kita cicipin makanan apa saja yang menjadi daya tarik wisata kuliner di kota hujan itu. 1.        Doclang Salah satu makanan khas yang selalu diburu warga Buitenzorg seti

Lombok yang Unik

Tahun 2018, boleh dibilang tahun travelling bagi saya karena dalam satu tahun itu, saya mengunjungi beberapa kota yang cukup jauh diantaranya Lombok dan Minangkabau. Dua tempat yang sudah lama sekali ingin saya kunjungi, dan alhamdulillah tercapai. Semoga saja tempat-tempat lain di Indonesia yang saya inginkan sekali ke sana, bisa segera saya kunjungi pula.         Kali ini saya akan bercerita sedikit saat travelling ke Lombok bersama rombongan teman sejawat mengajar. Bisa dibayangkan, kan serunya bepergian jauh dengan rekan kerja? Satu pesawat terisi kurang lebih 80% oleh rombongan kami, sisanya penumpang umum. Jarang-jarang banget kami bisa bepergian sejauh itu bersama-sama.          Lombok terkenal sebagai tempat yang indah, salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun asing selain Bali. Keindahan pantai-pantainya sudah terkenal ke mana-mana. Sudah lama pula saya ingin sekali bertandang ke pulau tersebut. Apalagi setelah membaca salah satu novel Tere Liye yang ber