Langsung ke konten utama

Pentingnya Digital Branding

Teknologi internet dari hari ke hari makin canggih, semua serba digital. Dulu, kita mengenal kata digital pada jam dan kamera digital. tetapi, saat ini hampir segala aspek kehidupan tidak luput dari sentuhan teknologi digital. Rasanya sayang sekali jika era digital ini tidak kita manfaatkan sebaik-baiknya. Sebagai media komunikasi canggih internet dilengkapi dengan berbagai aplikasi sosial media untuk membantu kita lebih mudah menggunakannya.

Kemudahan tersebut tentu saja sangat menguntungkan bagi pebisnis, atau yang ingin memulai bisnis. Namun, membangun bisnis melalui internet tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu ilmu dan keberanian untuk menjelajahinya.

Sumber gambar: Unsplash.com

Saat ini kita sering mendengar kata digital marketing dalam bisnis online. Nah, apakah digital marketing itu sama dengan digital branding? Tentu saja berbeda. Bedanya dimana? Ini loh Guys bedanya:

Digital branding adalah upaya kita membangun brand secara online seperti menggunakan website atau blog, atau berbagai aplikasi media sosial. Branding ini bisa untuk personal maupun perusahaan. Sebagai seorang penulis, saya harus membangun brand saya pribadi melalui digital branding dengan bantuan blog dan aplikasi media sosial yang saya gunakan. Seperti Facebook, WhatsApp, Telegram, dan Instagram. 

Melalui digital branding akan lebih memudahkan Anda memberikan informasi kehadiran perusahaan atau eksistensi Anda sebagai seorang profesional di bidang tertentu, juga berbagai strategi marketing yang digunakan.

Sedangkan digital Marketing adalah cara kita mempromosikan produk-produk jualan melalui jaringan internet, baik dengan menggunakan berbagai aplikasi sosial media, maupun melalui web atau marketplace yang kita miliki.

Jika digital marketing lebih menitik beratkan pada volume penjualan produk, maka digital branding lebih fokus menjalin hubungan baik dengan para pelanggan atau calon pelanggan.

Dalam bisnis kita tidak melulu promosi produk, tetapi hubungan baik dengan pelanggan atau calon pelanggan harus dijaga, agar penjualan produk lebih mudah. Selain itu agar calon konsumen bisa melihat, bahwa reputasi kita atau perusahaan bisa dipercaya. 

Lalu, bagaimana caranya kita melakukan digital branding di media sosial?

1.       Kenali Diri Sendiri

Sudahkan Anda mengenali diri sendiri? Jangan salah, loh. Banyak orang tanpa disadari belum mengenal diri sendiri dengan baik, dalam arti belum mengenal kemampuan dan kelemahan yang dimiliki. Mungkin juga termasuk Anda. Saya contohkan diri saya sendiri sebagai seorang penulis. Dalam menulis saya lebih menguasai genre non fiksi. Bukan berarti tidak mampu menulis fiksi, hanya saja saya lebih menyukai dan merasa jauh lebih ringan jika menulis non fiksi. Nah, itu adalah salah satu cara mengenal diri. Begitu pula dengan Anda, dalam berbisnis atau menekuni satu hal pasti sangat menguasai satu bidang, walaupun bidang lain pun bisa juga dilakukan, hanya saja hasilnya sering tidak maksimal jika bidang tersebut kurang dikuasai. Oleh karena itu, kenalilah dahulu kemampuan dan kelemahan diri agar siap saat membangun brand melalui digital branding.

2.       Identitas

Cantumkan identitas yang jelas dalam akun media sosial Anda. Identitas ini bukan berarti harus mencamtumkan nomor kontak pribadi, tetapi buatlah deskripsi singkat atau biodata Anda dengan narasi yang menarik agar orang lain mengetahui bahwa Anda seorang profesional di bidang tertentu dan siap menjalin bisnis atau membangun relasi dengan teman-teman melalui jejaring online.

3.       Nama yang Menarik

Nama yang digunakan boleh nama asli, atau kombinasi dengan nama brand yang akan dibangun. Baik brand perusahaan atau brand keahlian Anda. Misalnya Anda seorang penulis, tidak ada larangan menggunakan nama pena. Namun, disarankan gunakan nama yang baik dan menarik bukan nama “alay” yang tidak menunjukkan keprofesionalan Anda.

4.       Konsisten Berbagi Info

Rutin membagikan informasi yang berkaitan dengan branding Anda adalah yang wajib dilakukan. Bagaimana akan dikenal sebagai seorang penulis jika jarang memosting tulisan-tulisan hasil karya sendiri, atau jarang membagikan informasi kegiatan menulis Anda pada publik? Konsistensi tersebut mempercepat branding Anda terbentuk dan orang lain pun akan selalu mengingat Anda sebagai seseorang profesional di bidang tersebut.

5.       Promosi Lintas Platform

Jika Anda memiliki beberapa aplikasi media sosial, manfaatkanlah aplikasi-aplikasi tersebut untuk membangun branding Anda secara rutin. Bisa dalam waktu bersaman bisa pula bergantian sesuai jadwal yang sudah Anda buat.

Salah satu kunci suksesnya bisnis online Anda adalah konsisten melakukan branding di berbagai platform yang tersedia di internet. Persaingan bisnis di dunia maya saat ini cukup keras. Jika kita tidak kreatif, maka akan mudah tertinggal jauh oleh para pesaing.


*Tulisan ini diikut sertakan dalam 30 Days Writing Challenge Sahabat Hosting*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerdas Menggunakan Media Sosial

       Lima belas tahun terakhir, perkembangan media sosial di dunia berkembang amat pesat, termasuk Indonesia. Komunikasi semakin mudah, tak kenal jarak dan waktu. Kapan pun dan di mana pun selagi kuota internet terisi, maka kita akan dengan mudah mengakses segala macam informasi dari belahan bumi manapun.         Positifnya, masyarakat kita jadi sangat melek teknologi, dampak buruknya tentu saja banyak. Salah satunya, jika kita tidak bisa mengendalikan diri, maka akan kecanduan gawai yang isinya berbagai macam aplikasi media sosiai. Berbagai aplikasi itu memang sangat menarik, sehingga bisa menyita waktu dan membuat kita tidak produktif, karena menghabiskan waktu berjam-jam menatap gawai menikmati berbagai sajian media sosial.         Tidak bisa dipungkiri, sebagain besar masyarakat kita sudah kecanduan gawai dan sulit lepas dari alat canggih segenggaman tangan itu. Agar kita tetap waras dan produktif dalam bersosmed maka, kita harus berupaya semaksimal mungkin mengendalikan diri

Wiskul Asyik di Bogor

Siapa yang belum kenal Bogor? Atau belum pernah ke Bogor? Sebuah kota yang terletak di propinsi Jawa Barat. Yuk, datang deh ke kota kelahiran saya tercinta. Kenalan dan nikmati berbagai wisata di kota hujan ini, salah satunya wisata kuliner dong pastinya. Ada yang bilang bahwa Bogor sekarang adalah miniaturnya Bandung, banyak tempat wisata yang asyik dan makanannya pun endang bhambang, Nek … alias enak-enak bingiiit … hehe. Bicara makanan, pastinya setiap kita mengunjungi satu tempat yang sering dicari adalah makanan khas daerah setempat. Jika, belum mencicipi makanan khasnya rasanya belum afdol ya. Indonesia memang kaya dengan aneka jenis makanan khas daerah, baik yang tradisional maupun modern. Belum lagi street food tiap kota selalu menarik untuk dicicipi. Baiklah, sekarang kita jalan-jalan di Bogor, yuk. Kita cicipin makanan apa saja yang menjadi daya tarik wisata kuliner di kota hujan itu. 1.        Doclang Salah satu makanan khas yang selalu diburu warga Buitenzorg seti

Lombok yang Unik

Tahun 2018, boleh dibilang tahun travelling bagi saya karena dalam satu tahun itu, saya mengunjungi beberapa kota yang cukup jauh diantaranya Lombok dan Minangkabau. Dua tempat yang sudah lama sekali ingin saya kunjungi, dan alhamdulillah tercapai. Semoga saja tempat-tempat lain di Indonesia yang saya inginkan sekali ke sana, bisa segera saya kunjungi pula.         Kali ini saya akan bercerita sedikit saat travelling ke Lombok bersama rombongan teman sejawat mengajar. Bisa dibayangkan, kan serunya bepergian jauh dengan rekan kerja? Satu pesawat terisi kurang lebih 80% oleh rombongan kami, sisanya penumpang umum. Jarang-jarang banget kami bisa bepergian sejauh itu bersama-sama.          Lombok terkenal sebagai tempat yang indah, salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun asing selain Bali. Keindahan pantai-pantainya sudah terkenal ke mana-mana. Sudah lama pula saya ingin sekali bertandang ke pulau tersebut. Apalagi setelah membaca salah satu novel Tere Liye yang ber