Langsung ke konten utama

Asyiknya Menjadi Ghost Writer


Banyak yang belum tahu menulis itu bisa menjadi salah satu profesi yang menjanjikan, salah satunya sebagai Ghostwriter. Ghostwriter? Apa itu? Penulis hantu? Atau penulis cerita hantu? Ghost writer bisa diartikan sebagai penulis bayangan, yaitu seseorang yang berprofesi sebagai penulis yang dibayar oleh orang lain yang menggunakan jasanya untuk menulis sebuah tulisan pesanan orang tersebut.

Bentuk tulisan bisa bermacam-macam, artikel, buku atau naskah pidato. Di negara maju, profesi  ghost writer ini terhitung bergengsi, karena seorang ghostwriter bisa dibayar mahal untuk satu buah tulisan, terutama menulis buku.  Nominal bayarannya menggiurkan looh, mulai dari jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah jika si penulis bayangan itu sudah punya nama.

Dibayar mahal karena pekerjaan itu tidak mudah dan nama si ghostwriter tidak tercantum jika hasil tulisannya dipublikasikan. Berbeda dengan menulis karya sendiri, seorang ghost writer harus bisa memahami konsep tulisan yang diinginkan si pemesan. Juga memahami karakter si pemesan. Itu sebabnya dinamakan penulis bayangan karena si penulis memposisikan dirinya sebagai orang tersebut.
             Sumber gambar: Unsplash.com

Banyak yang belum memahami mekanisme dan cara kerja seorang ghost writer. Bahkan ada pula yang mengatakan profesi ghost writer itu tidak boleh dilakukan, cenderung haram karena membohongi publik. Heeemm ... tidak seperti itu ya Gaeess. Menjadi seorang ghost writer itu bukan pembohongan publik, karena berdasarkan kesepakatan dan ada perjanjiannya. Selain itu menjadi ghost writer itu bahan dan ide tulisan dari si pemesan, ghost writer hanya membantu menuangkan ide-idenya itu dalam sebuah tulisan. Menjadi sebuah profesi bergengsi, karena tidak semua orang yang punya ide bagus bisa menuangkannya dalam tulisan.
Lalu, bagaimana jika ingin menjadi seorang ghost writer? Apa sajakah yang harus disiapkan sebelum menekuninya? Berikut beberapa hal yang harus dijalani seorang penulis jika ingin menjadi seorang ghost writer profesional:

1. Perbanyak Portofolio

Anda tidak bisa menawar-nawarkan diri untuk menjadi ghost writer jika belum pernah menelurkan karya-karya yang  sudah dikenal orang banyak. Oleh sebab itu, harus rajin menulis agar orang-orang tahu bahwa Anda adalah seorang penulis yang mempunyai reputasi baik. Jika ingin menjadi ghost writer buku, maka sebelumnya Anda harus sudah menerbitkan buku-buku yang Anda tulis sendiri, bukan menulis keroyokan alias antologi. Menulis buku solo dan antologi jelas jauh berbeda tantangan dan hasilnya.

Menulis naskah antologi yang hanya 5-6 halaman bisa selesai dalam waktu satu hari saja, tanpa riset atau mencari data yang akurat untuk naskah tersebut. Berbeda dengan menulis buku antologi, seorang penulis harus berjuang keras menaklukkan berbagai hambatan dalam merampungkan tulisannya sebanyak ratusan halaman dalam waktu yang sudah ditetapkan. Penelitian pun harus dilakukan untuk mendukung isi buku yang ditulis. Nah, jika seorang penulis belum pernah menulis buku solo, maka kesulitan menulis naskah orang lain, karena belum berpengalaman dalam melakukan riset dan lain sebagainya.




2. Mulailah dengan Menulis Artikel atau Cerpen

Untuk memulai menulis buku solo non fiksi bisa dimulai dengan seringnya menulis artikel. Pelajari bagaimana cara menulis artikel yang baik yang disukai pembaca. Jika Anda lebih suka menulis fiksi, mulailah dengan menulis cerpen untuk melatih kemampuan menulis fiksi. Tidak sedikit para ghost writer yang melayani jasa menulis fiksi, bisa cerpen atau novel.  Tentu saja bayarannya jauh berbeda antara menulis naskah pendek seperti cerpen dan artikel dengan menulis naskah buku, seperti novel atau naskah non fiksi lainnya.

3. Rajin Posting Tulisan di Media Sosial

Tentu saja yang diposting itu tulisan sendiri bukan tulisan orang lain. Seperti menulis artikel, opini, esai, cerpen atau cerbung. Dengan seringnya menulis, maka kemampuan menulis dan kepekaan mencari ide lebih mudah. Selain itu, orang lain akan tahu bahwa Anda adalah seorang penulis yang kemampuan menulisanya tidak diragukan lagi.

Intinya, jika ingin menjadi ghost writer profesional yang banjir order, perbanyaklah menulis buku solo, atau artikel. Selamat menulis ya Gaeess ...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerdas Menggunakan Media Sosial

       Lima belas tahun terakhir, perkembangan media sosial di dunia berkembang amat pesat, termasuk Indonesia. Komunikasi semakin mudah, tak kenal jarak dan waktu. Kapan pun dan di mana pun selagi kuota internet terisi, maka kita akan dengan mudah mengakses segala macam informasi dari belahan bumi manapun.         Positifnya, masyarakat kita jadi sangat melek teknologi, dampak buruknya tentu saja banyak. Salah satunya, jika kita tidak bisa mengendalikan diri, maka akan kecanduan gawai yang isinya berbagai macam aplikasi media sosiai. Berbagai aplikasi itu memang sangat menarik, sehingga bisa menyita waktu dan membuat kita tidak produktif, karena menghabiskan waktu berjam-jam menatap gawai menikmati berbagai sajian media sosial.         Tidak bisa dipungkiri, sebagain besar masyarakat kita sudah kecanduan gawai dan sulit lepas dari alat canggih segenggaman tangan itu. Agar kita tetap waras dan produktif dalam bersosmed maka, kita harus berupaya semaksimal mungkin mengendalikan diri

Wiskul Asyik di Bogor

Siapa yang belum kenal Bogor? Atau belum pernah ke Bogor? Sebuah kota yang terletak di propinsi Jawa Barat. Yuk, datang deh ke kota kelahiran saya tercinta. Kenalan dan nikmati berbagai wisata di kota hujan ini, salah satunya wisata kuliner dong pastinya. Ada yang bilang bahwa Bogor sekarang adalah miniaturnya Bandung, banyak tempat wisata yang asyik dan makanannya pun endang bhambang, Nek … alias enak-enak bingiiit … hehe. Bicara makanan, pastinya setiap kita mengunjungi satu tempat yang sering dicari adalah makanan khas daerah setempat. Jika, belum mencicipi makanan khasnya rasanya belum afdol ya. Indonesia memang kaya dengan aneka jenis makanan khas daerah, baik yang tradisional maupun modern. Belum lagi street food tiap kota selalu menarik untuk dicicipi. Baiklah, sekarang kita jalan-jalan di Bogor, yuk. Kita cicipin makanan apa saja yang menjadi daya tarik wisata kuliner di kota hujan itu. 1.        Doclang Salah satu makanan khas yang selalu diburu warga Buitenzorg seti

Lombok yang Unik

Tahun 2018, boleh dibilang tahun travelling bagi saya karena dalam satu tahun itu, saya mengunjungi beberapa kota yang cukup jauh diantaranya Lombok dan Minangkabau. Dua tempat yang sudah lama sekali ingin saya kunjungi, dan alhamdulillah tercapai. Semoga saja tempat-tempat lain di Indonesia yang saya inginkan sekali ke sana, bisa segera saya kunjungi pula.         Kali ini saya akan bercerita sedikit saat travelling ke Lombok bersama rombongan teman sejawat mengajar. Bisa dibayangkan, kan serunya bepergian jauh dengan rekan kerja? Satu pesawat terisi kurang lebih 80% oleh rombongan kami, sisanya penumpang umum. Jarang-jarang banget kami bisa bepergian sejauh itu bersama-sama.          Lombok terkenal sebagai tempat yang indah, salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun asing selain Bali. Keindahan pantai-pantainya sudah terkenal ke mana-mana. Sudah lama pula saya ingin sekali bertandang ke pulau tersebut. Apalagi setelah membaca salah satu novel Tere Liye yang ber