Langsung ke konten utama

Mencari Ide Menulis dengan Mudah

Bagi sebagian orang, menulis adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Dengan menulis apa yang terjadi di sekitar kita, bisa dituangkan menjadi sebuah cerita. Selain itu menulis juga bisa menjadi salah satu terapi jiwa bagi orang yang sedang dalam tekanan masalah. Silakan saja Anda membuktikan jika sedang galau, bahagia, kesal, stress, bete dan sebagainya, pasti akan langsung menulis status di sosmed kan? Nah itu merupakan salah satu contoh bahwa menulis itu bisa menumpahkan emosi yang sedang tidak stabil dan bisa dilakukan setiap orang.

Jika saat ini Anda sedang belajar menulis, banyak hal yang harus dipelajari untuk menjadi penulis yang bisa diterima oleh masyarakat luas. Beberapa hal di bawah ini bisa menjadi tips bagi Anda yang sedang giat-giatnya belajar menulis untuk mencari ide:


1. Wajib Baca Buku
Membaca adalah kewajiban mutlak bagi setiap penulis, tanpa membaca seorang penulis akan kesulitan menuangkan ide-idenya. Membaca dan menulis adalah satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Semakin banyak membaca ide menulis akan semakin lancar mengalir dan gaya bahasa tulisan juga akan semakin enak dibaca.

2. Banyak Melihat Alam Sekitar.
Maksud melihat alam sekitar adalah,  cobalah amati lingkungan sekitar Anda. Atau, saat jalan-jalan, tidak harus yang jauh-jauh keluar kota. Anda bisa kok jalan-jalan di dalam kota, atau keliling kompleks rumah saja pasti akan selalu ada bahan tulisan, bahkan di mall pun banyak yang dilihat dan bisa dijadikan ide tulisan.


3. Pengalaman Sendiri
Kita tentu punya banyak kejadian yang sudah dialami kan selama hidup? Baik yang manis maupun pahit. Pengalaman hidup bisa menjadi bahan tulisan yang menginspirasi banyak orang. Tak perlu takut bahwa peristiwa yang kita alami tidak penting untuk ditulis, niatkan berbagi hal positif dari pengalaman tersebut.

4. Curhatan
Ide lain yang menarik untuk dijadikan tulisan adalah curhatan atau pengalaman hidup orang lain. Semua peritiwa yang orang lain ceritakan bisa menjadi bahan pembelajaran, karena belum tentu semua orang mengalaminya.

5. Menonton Film
Alur cerita film merupakan salah satu cara mudah untuk melahirkan ide tulisan. Anda bisa meresensi film tersebut lalu hasil resensi tersebut dikirim ke media cetak atau media online, bisa jadi sumber penghasilan loh, asyik kan?

6. Ajaran Agama
Banyak topik yang bisa kita bahas dalam tulisan kita yang bersumber dari ajaran agama. Tentu saja jika akan membahas masalah yang berkaitan dengan agama harus didukung dalil-dalil yang kuat, sehingga tidak menimbulkan permasalahan akibat tulisan itu.

7. Skill yang Dimiliki
Jika Anda memiliki sklill tertentu, itu merupakan sumber ide yang tak ada habisnya. Misalnya Anda ahli di bidang fesyen, kuliner, kesehatan, dan banyak hal lain yang bisa dibahas untuk memberikan tips dan trik dalam bidang tersebut.

Banyak yang mengeluh, ingin menulis tapi bingung memulainya. Supaya tidak bingung, mulailah dari sekarang dan ikuti tips-tips di atas.

Komentar

  1. terima aksih berbagi tipsnya bu guru, semoga kita dapat menerbitkan buku dari hasil menulis setiap hari.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerdas Menggunakan Media Sosial

       Lima belas tahun terakhir, perkembangan media sosial di dunia berkembang amat pesat, termasuk Indonesia. Komunikasi semakin mudah, tak kenal jarak dan waktu. Kapan pun dan di mana pun selagi kuota internet terisi, maka kita akan dengan mudah mengakses segala macam informasi dari belahan bumi manapun.         Positifnya, masyarakat kita jadi sangat melek teknologi, dampak buruknya tentu saja banyak. Salah satunya, jika kita tidak bisa mengendalikan diri, maka akan kecanduan gawai yang isinya berbagai macam aplikasi media sosiai. Berbagai aplikasi itu memang sangat menarik, sehingga bisa menyita waktu dan membuat kita tidak produktif, karena menghabiskan waktu berjam-jam menatap gawai menikmati berbagai sajian media sosial.         Tidak bisa dipungkiri, sebagain besar masyarakat kita sudah kecanduan gawai dan sulit lepas dari alat canggih segenggaman tangan itu. Agar kita tetap waras dan produktif dalam bersosmed maka, kita harus berupaya semaksimal mungkin mengendalikan diri

Wiskul Asyik di Bogor

Siapa yang belum kenal Bogor? Atau belum pernah ke Bogor? Sebuah kota yang terletak di propinsi Jawa Barat. Yuk, datang deh ke kota kelahiran saya tercinta. Kenalan dan nikmati berbagai wisata di kota hujan ini, salah satunya wisata kuliner dong pastinya. Ada yang bilang bahwa Bogor sekarang adalah miniaturnya Bandung, banyak tempat wisata yang asyik dan makanannya pun endang bhambang, Nek … alias enak-enak bingiiit … hehe. Bicara makanan, pastinya setiap kita mengunjungi satu tempat yang sering dicari adalah makanan khas daerah setempat. Jika, belum mencicipi makanan khasnya rasanya belum afdol ya. Indonesia memang kaya dengan aneka jenis makanan khas daerah, baik yang tradisional maupun modern. Belum lagi street food tiap kota selalu menarik untuk dicicipi. Baiklah, sekarang kita jalan-jalan di Bogor, yuk. Kita cicipin makanan apa saja yang menjadi daya tarik wisata kuliner di kota hujan itu. 1.        Doclang Salah satu makanan khas yang selalu diburu warga Buitenzorg seti

Teman yang Menyenangkan

  Sebagai mahluk hidup manusia butuh berteman, jangankan manusia hewan saja butuh teman agar hidupnya tidak kesepian, dan juga untuk beranak pinak. Omong-omong tentang teman, tentunya kita punya banyaaak sekali teman. Mulai dari teman masa kecil hingga sekarang di usia dewasa. Kalau saya bukan dewasa lagi, tapi tua … hehe. Apalagi sekarang, kemajuan teknologi berkembang pesat, membuat jalinan pertemanan semakin meluas hingga ke seluruh dunia. Teknologi membuat kita dan teman-teman seakan tanpa batas dalam berkomunikasi. Dalam arti, jarak yang membentang jauh menjadi dekat dan mudah untuk saling berinteraksi. Namun, dibalik kemudahan itu, pastinya akan banyak pula risiko dan efek negatif dalam berteman seiring bertambahnya jaringan pertemanan kita. Dulu, kita sering mendapat pesan dari orang tua dan para guru agar hati-hati dalam berteman, harus pilih-pilih teman agar kita tidak terbawa pergaulan buruk jika si teman itu membawa pengaruh yang kurang baik. Ternyata hal tersebut tida